Daftar Blog Saya

Jumat, 30 September 2011

Hasil PLPG Sertifikasi DEPAG 2011

HASIL PENILAIAN PLPG TAHAP 5-8 TAHUN 2011 KEMENTERIAN AGAMA






























NO NOMOR PESERTA NAMA PESERTA ASAL SEKOLAH KAB/KOTA STATUS
1   Zeny Maulida MI AL-MAHMUD KUMPULREJO-01  Salatiga Tidak Hadir
2 11030281020016 Arina Kustiyanti MTs NEGERI SUMBANG Banyumas Lulus
3   Nur Fitriyah MA MUHAMMADIYAH BATANG Batang Mengulang Ujian Tulis 
4   Eka Sri Indrasari MA DARUSSSALAM SUBAH Batang Lulus
5   Sri Yuwanti MA N BREBES 1 Brebes Tidak Hadir
6   Nur Hidayah MTS DARUL ULUM LUMPUR Brebes Tidak Hadir
7   Sulastri MTS SUNAN KALIJAGA SIWULUH Brebes Mengulang Ujian Tulis Dan Praktik
8   Syarifudin MTS MIFTAHUS SALAM KARANGSEMBUNG Brebes Mengulang Ujian Tulis 
9   Dewi Fitriyani MTS N KETANGGUNGAN Brebes Mengulang Ujian Tulis 
10   Edi Riyanto MA NU 03 BREBES Brebes Mengulang Ujian Tulis 
11   Enok Asjuwita MTS ASSALAM SALEM Brebes Mengulang Ujian Tulis 
12   Sudarto MTS N KETANGGUNGAN Brebes Mengulang Ujian Tulis 
13   Tuti Alawiyah MTsN Model Brebes Brebes Mengulang Ujian Tulis 
14   Muhammad Marup MTS MA'ARIF NU 03 PLOMPONG Brebes Mengulang Ujian Tulis 
15   Waidah MTS HASYIM ASY'ARI PETUNJUNGAN Brebes Mengulang Ujian Tulis 
16   Firnaning Setyas Tutik MTS MUHAMMADIYAH WANASARI Brebes Mengulang Ujian Tulis 
17   Saeful Rohman MA MA'ARIF NU 01 BANTARKAWUNG Brebes Mengulang Ujian Tulis 
18   Mufidah MTS N MODEL BREBES Brebes Mengulang Ujian Tulis 
19   Rochyati MTS AL ISHLAH LAREN Brebes Mengulang Ujian Tulis 
20   Abdul Khayi MTS N KETANGGUNGAN Brebes Mengulang Ujian Tulis 
21   Qumarudin MTS NURUL HUDA JUBANG Brebes Mengulang Ujian Tulis 
22   Irawan MA ASY-SYAFI'IYYAH JATIBARANG Brebes Mengulang Ujian Tulis 
23   Siti Soliha MTS BABUSSALAM KEMAKMURAN  Brebes Mengulang Ujian Tulis 
24   Panut MA SUBULUL IKHSAN KERSANA Brebes Mengulang Ujian Tulis 
25   Nasikin MAN BREBES 1 Brebes Mengulang Ujian Tulis 
26   Faizah MTS MIFTAHUSSALAM KARANGSEMBUNG Brebes Lulus
27   Siti Khodijah MTS MIFTAHUL HUDA KALIPUCANG Brebes Lulus
28   Sehudin MTS ASSALAFIAH SITANGGAL Brebes Lulus
29   Yuliana MTS YANURIS 1 LINGGAPURA Brebes Lulus
30   Lianawati MAN BREBES 2 Brebes Lulus
31   Agus Thontowi MTSNURUL ISLAM SLATRI Brebes Lulus
32   Ida Shoidah MTS ASSALAFIAYAH LUWUNGRAGI Brebes Lulus
33   Amir Muttaqin MA ASSALAM BANTARKAWUNG Brebes Lulus
34   Dwi Irawati Hastuti MTS N MODEL BREBES Brebes Lulus
35   Riswanda MI DARUL ULUM KALILANGKAP BUMIAYU Brebes Klarifikasi
36 11030181020038 Nasikhin MTs AL-MUKARROMAH Cilacap Mengulang Ujian Tulis Dan Praktik
37 11030110020057 Edi Suparman, S. Pd. MTS N KAWUNGANTEN Cilacap Mengulang Ujian Tulis 
38 11030181020039 Suparyan MTs AL KHOLIDIYYAH BINANGUN Cilacap Mengulang Ujian Tulis 
39 11030181020042 Nur Agustin Siswi H MTS N KARANGPUCUNG Cilacap Lulus
40 11030181020040 Aliman MTs AL KHOLIDIYYAH BINANGUN Cilacap Lulus
41 11030181020041 Heri Isnaeni MTs AL-MUKARROMAH Cilacap Tidak Hadir
42   Wahidun, S.Pd MA NU 12 AR RAHMAT SUKOREJO Kab Kendal Tidak Hadir
43   Nur Laila MTS DIPONEGORO MENDIRO Kab Semarang Tidak Hadir
44   Suwarna MTS SUDIRMAN Kab Semarang Mengulang Ujian Tulis Dan Praktik
45   Hartono Ari MTS SUDIRMAN Kab Semarang Lulus
46   Harsih Widayati MTS SUDIRMAN JAMBU Kab Semarang Lulus
47   Yuyung Widiawati MTs DARUL ISHLAH Kab. Kendal Tidak Hadir
48   Sukardi MTs SUDIRMAN Kab. Semarang Mengulang Ujian Tulis 
49   Yasin Anwar MTS SUDIRMAN KAWENGEN Kab. Semarang Mengulang Ujian Tulis 
50   Pujiati  MA AL BIDAYAH CANDI Kab. Semarang Lulus
51   Neneng Antik Masruroh MTs Tarqiyatul Himmah Kab. Semarang Lulus
52   Wachidun MA NU 04 AL MA'ARIF BOJA Kendal Mengulang Ujian Tulis Dan Praktik
53   Rodliyah MTS NU 24 DARUL ULUM PATEBON Kendal Mengulang Ujian Tulis 
54   Muhibin MTS NU 05 SUNAN KATONG KLW Kendal Mengulang Ujian Tulis 
55   Moch Maftuchin MA NU 02 MUALIMIN WELERI Kendal Mengulang Ujian Tulis 
56   Solihin MTS NU 05 SUNAN KATONG KALIWUNGU Kendal Mengulang Ujian Tulis 
57   Siti Nurfuadah MTS NU 24 DARUL ULUM PATEBON Kendal Mengulang Ujian Tulis 
58   Samsi MA DARUL AMANAH Kendal Mengulang Ujian Tulis 
59   Khunafak MTS NU 11 KISABARIMAN Kendal Lulus
60   Siti Rodhatuldjanah MTS NU 06 ABINAWA Kendal Lulus
61   Siti Simyanah MTS NU 07 PATEBON Kendal Lulus
62   Hety Kristanti MTS NU 10 PENAWAJA PAGERUYUNG Kendal Lulus
63   Muhammad Munjiat,S.Pd MTS NU 06 SUNAN ABINAWA Kendal Tidak Hadir
64   Suriyono MTs NU 19 Protomulyo Kendal  Tidak Hadir
65   Sri Hastutik MA NU 05 Gemuh Kendal  Mengulang Ujian Tulis 
66   Kristanto MA NU 08 Pageruyung Kendal  Mengulang Ujian Tulis 
67   Cuci Hartiningsih MTS NU 10 PENAJAWA PAGERUYUNG Kendal  Tidak Hadir
68   Munakhir MTS AL- MUTTAQIN Kota Pekalongan Mengulang Ujian Tulis 
69   M. Dzakwan MI I BANYURIP AGENG 1 Kota Pekalongan Mengulang Ujian Tulis 
70   Titik Pujiatiningsih MA SALAFIYAH Kota Pekalongan Lulus
71   Agus Wahyudi MTS NU NURUL ISLAM Kota Pekalongan Lulus
72   Dianatul Khuro MTS S HIDAYATUL ATHFAL Kota Pekalongan Lulus
73   Umi Tis'ah MTS RIBATUL MUTA'ALIMIN Kota Pekalongan Tidak Hadir
74   Mashadi MA HIDAYATUS SYUBBAN Kota Semarang Tidak Hadir
75   Musyoro'ah MA USWATUN HASANAH Kota Semarang Tidak Hadir
76   Musyoro'ah  MA USWATUN HASANAH Kota Semarang Tidak Hadir
77   Catur Pujiyanto MI DARUL ULUM Kota Semarang Mengulang Ujian Tulis Dan Praktik
78   Nugroho Arif S MI Al Islam Mangunsari 01 Kota Semarang Mengulang Ujian Tulis 
79   Budi Ariyanti MTS N 02 SEMARANG Kota Semarang Mengulang Ujian Tulis 
80   Siswanto MA AL ISHLAH Kota Semarang Mengulang Ujian Tulis 
81   Siti Chotimah MA AL BURHAN Kota Semarang Mengulang Ujian Tulis 
82   Eka Fitriana MA HIDAYATUS SYUBBAN Kota Semarang Lulus
83   Ayu Dummillah Madu Balah MA AL ISHLAH Kota Semarang Lulus
84   Siti Aminah MA AZZUHDI Kota Semarang Lulus
85   Reni Ernawati MTs NU UNGARAN  Kota Semarang Lulus
86   Ratno MI AL ISLAM MANGUNSARI 02 Kota Semarang Lulus
87   Muhammad Mustofa MA Al Burhan Kota Semarang Lulus
88   Muhayah MA AZZUHDI Kota Semarang Lulus
89   Rohna Majal Anjab MTS TAQWAL ILAH Kota Semarang Lulus
90   Desi Handayani MI Addainuriyah Kota Semarang Lulus
91   Ismi Widayanti MI AL IMAN Kota Semarang Lulus
92   Dzikron Masyhadi MTs NU NURUL HUDA Kota Semarang Lulus
93   Mustofa MTs DARUL ULUM  Kota Semarang Lulus
94   Jamiatun MA AL ASROR Kota Semarang Lulus
95   Munfaridah MTS ROUDL. MUTA'ALLIMIN Kota Semarang Lulus
96   Sugiyartono MTS NU AL HIKAMAH Kota Semarang Lulus
97   Siti Hammatul Aliyah MAN 1 Semarang Kota Semarang Lulus
98   Setia Wati MA INFARUL Kota Semarang Tidak Hadir
99   Setia Wati MI Infarul Ghoy  Kota Semarang Tidak Hadir
100   Cita Failasufa MTs. Hidayatus Syubban Kota Semarang Tidak Hadir
101 11036581020006 Djaenal Abidin MTSN KOTA TEGAL Kota Tegal Mengulang Ujian Tulis 
102 11036581020001 Erni MTS N KOTA TEGAL Kota Tegal Lulus
103 11036581020012 Tuti Rahayu MAN KOTA TEGAL Kota Tegal Lulus
104 11036581020011 Siti Anisa MAN KOTA TEGAL Kota Tegal Lulus
105   Nur Ajijah MTS RAUDHATUL ULUM Kota Tegal Tidak Hadir
106   Moegi Lestari MTS MA'ARIF NU BUARAN Pekalongan Tidak Hadir
107   Aspari MTS SS PROTO KEDUNGWUNI Pekalongan Mengulang Ujian Tulis 
108 11032681020007 Nur Laela MTS S WIRADESA Pekalongan Lulus
109   Ali Husnan MTS SS PROTO KEDUNGWUNI Pekalongan Lulus
110 11032681020001 Dewi Setiawati MTS N BUARAN Pekalongan Lulus
111   M. Buni Andaru MTSSS PROTO KEDUNGWUNI Pekalongan Lulus
112   M. Nur Ainis MTS YMI WONOPPRINGGO Pekalongan Lulus
113   Nur Komala MAN 01 PEKALONGAN  Pekalongan  Lulus
114   Sudaryanti MTS RIFA'IYAH KESESI Pekalongan  Lulus
115   Tri Winarti, S.Pd MTs. Al Muawanah Kendaldoyong Pemalang Mengulang Ujian Tulis 
116   Jumadi MTS NURUL ISLAM RANDUDONGKAL Pemalang Mengulang Ujian Tulis 
117   Slamet Wibowo MI AL MUAWANAH KENDAL REJO Pemalang Mengulang Ujian Tulis 
118   Achmad Zamroni MTS NURUL ULUM SEMILIRAN Pemalang Mengulang Ujian Tulis 
119   Mustain, S.Pd MTsN Pemalang Pemalang Mengulang Ujian Tulis 
120   Siti Istiqomqh MTS N PEMALANG Pemalang Mengulang Ujian Tulis 
121   Slamet MTS N PETARUKAN Pemalang Mengulang Ujian Tulis 
122   Kholidin MTS NURUL ISLAM RANDUDONGKAL Pemalang Mengulang Ujian Tulis 
123   Sarifudin Zaelani MTS N PEMALANG Pemalang Mengulang Ujian Tulis 
124   Indra Saputra, S.Pd MI AL FUTUHIYAH SUMURKIDANG Pemalang Lulus
125   Mustofa MA WAHID HASYIM PETARUKAN Pemalang Lulus
126   Zubaidah Yaniarti, S.Pd MTs. Muhammadiyah 02 Pemalang Pemalang Lulus
127   Amanah Falestina MTs Salafiyah Karangtengah Pemalang Lulus
128   Makmum Ansori MA N SALATIGA Salatiga Lulus
129   Dian Pancawati MA Darussalam Kalibakung Tegal Tidak Hadir
130   Muchtarom MTS YASPI Tegal Mengulang Ujian Tulis Dan Praktik
131   Selamet MTs Jatibogor Tegal Mengulang Ujian Tulis 
132   Nuryanto MTS NU SUNSN KALIJAGA ADIWERNA Tegal Mengulang Ujian Tulis 
133 11032881020019 Slamet Riyadi MTS N MODEL BABAKAN Tegal Mengulang Ujian Tulis 
134 11032881020006 Sri Rejeki MTS AL-FAHRURIYAH Tegal Mengulang Ujian Tulis 
135   Abukhori MTs NU 01 Warureja Tegal Mengulang Ujian Tulis 
136   Muhammad Amirudin MA Al-Islamiyah Tegal Mengulang Ujian Tulis 
137   Torikhin MAN Babakan Tegal Mengulang Ujian Tulis 
138   Nur Hidayat MA Darussalam Kalibakung Tegal Mengulang Ujian Tulis 
139 11032881020003 Dai MTS N SLAWI Tegal Lulus
140   Pakhrudin MTS NURUL ULUM JEMBAYAT Tegal Lulus
141 11032881020020 Asnawi MTS NU SUNAN KALIJAGA Tegal Lulus
142   Umi Maghfiroh MTs. Mambaul Huda Tegal Lulus
143   Muhamad Kharis MAN Babakan Tegal Lulus
144   Leli Mufidah MTS N SLAWI Tegal Lulus
145 11032881020015 Nane Fatimah Dwi A MTS N SLAWI Tegal Lulus
146   Ahmad Muzayyin MTS NURUL ULUM KESUBEN Tegal Tidak Hadir
147   Millah Hanaefiah MTS NU MIFTAHUL ULUM MARGASARI Tegal  Mengulang Ujian Tulis Dan Praktik
148   Fatkhuri MTS NU 03 SURADADI Tegal  Mengulang Ujian Tulis 
149   Catur Waseso Seloaji MAN PAGERBARANG Tegal  Lulus

Rabu, 28 September 2011

Rujukan Buku Ajar Fiqh Kelas X MA Pelajaran I


       PELAJARAN I
 




Al-Qur’an adalah kitab suci yang diturunkan Allah SWT. yang senantiasa terjaga
kemurnian dan keotentikannya sampai akhir zaman   


STANDAR KOMPETENSI
Memahami pengertian al-Qur'an dan bukti keotentikannya

KOMPETENSI DASAR
§  Menjelaskan pengertian al-Qur'an menurut para ahli
§  Membuktikan keotentikan al-Qur'an ditinjau dari segi keunikan redaksinya, kemukjizatannya, dan sejarahnya.
§  Menunjukkan perilaku orang yang meyakini kebenaran al-Qur'an






Flowchart: Alternate Process: TANBIH

$tBur tb%x. #x‹»yd ãb#uäöà)ø9$# br& 3“uŽtIøÿム`ÏB Âcrߊ «!$# `Å3»s9ur t,ƒÏ‰óÁs? “Ï%©!$# tû÷üt/ Ïm÷ƒy‰tƒ Ÿ@ŠÅÁøÿs?ur É=»tGÅ3ø9$# Ÿw |=÷ƒu‘ ÏmŠÏù `ÏB Éb>§‘ tûüÏHs>»yèø9$# ÇÌÐÈ(يونس : ٣٧)
Artinya: 
“Tidaklah mungkin al-Quran Ini dibuat oleh selain Allah; akan tetapi (al-Quran itu) membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya dan menjelaskan hukum-hukum yang telah ditetapkannya, tidak ada keraguan di dalamnya, (diturunkan) dari Tuhan semesta alam.” (QS.Yunus/10: 37)

$¯RÎ) ß`øtwU $uZø9•“tR tø.Ïe%!$# $¯RÎ)ur ¼çms9 tbqÝàÏÿ»ptm: ÇÒÈ )   الحجر : ۹)
Artinya: 
“Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan al-Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.” (QS.Al-Hijr/15: 9)
 














                                                                                          









IFTITAH

Al-Qur’an adalah kitab suci terakhir yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi dan Rasul-Nya yang terakhir yakni Nabi Muhammad SAW. Setiap muslim wajib beriman kepada kitab suci al-Qur’an dan juga kitab-kitab suci yang diturunkan sebelumnya, yaitu: Zabur, Taurat dan Injil. Al-Qur’an berfungsi untuk membenarkan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan menjelaskan hukum-hukum yang telah ditetapkannya.
Setiap muslim seharusnya mengenal kitab suci al-Qur’an sebagai pedoman hidupnya (way of life). Untuk mengenal al-Qur’an, hendaknya dimulai dengan memahami apa pengertian al-Qur’an serta segala hal yang berkaitan dengannya. Dan yang paling penting lagi adalah memahami isinya, untuk selanjutnya dapat melaksanakan ajaran-ajaranya.
 Bagi Nabi Muhammad SAW., al-Qur’an berfungsi sebagai mu’jizat yang terbesar yang berlaku kekal abadi. Sebagai kitab mu’jizat, al-Qur’an tidak mungkin dapat ditiru dari aspek manapun dan oleh siapapun, karena Al-Qur’an adalah benar-benar wahyu Allah SWT.


URAIAN MATERI
A.   PENGERTIAN AL-QUR’AN
Para ulama’ dan pakar/ahli di bidang ilmu al-Qur’an telah memberikan definisi terhadap al-Qur’an menurut pemahaman mereka masing-masing, baik secara etimologi (makna bahasa) maupun secara terminologi (istilah).
Ditinjau dari segi etimologi (makna bahasa), para ulama’ berbeda-beda pendapat dalam mendefinisikan al-Qur’an. Berikut adalah beberapa pendapat ulama’ tersebut.
1.      Pendapat Al-Lihyany (w. 215 H) dan segolongan ulama lain
Kata Qur’an adalah bentuk mashdar dari kata kerja (fi’il), قَرَأَ artinya membaca, dengan perubahan bentuk kata/tashrif (قَرَأَ-يَقْرَأُ-قُرْءَانًا). Dari tahsrif tersebut, kata قُرْءَانًا artinya bacaan yang bermakna isim maf’ul (مَقْرُوْءٌ) artinya yang dibaca. Karena al-Qur’an itu dibaca maka dinamailah al-Qur’an. Kata tersebut selanjutnya digunakan untuk kitab suci yang diturunkan Allah SWT. kepada Nabi Muhammad SAW.  Pendapat ini berdasarkan firman Allah SWT sebagaimana yang termaksud dalam QS. al-Qiyamah ayat 17-18.
¨bÎ) $uZøŠn=tã ¼çmyè÷Hsd ¼çmtR#uäöè%ur ÇÊÐÈ #sŒÎ*sù çm»tRù&ts% ôìÎ7¨?$$sù ¼çmtR#uäöè% ÇÊÑÈ   (القيامة : ١٧-۱٨)
Artinya :
17. Sesungguhnya atas tanggungan Kamilah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya.
18. Apabila Kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya itu.
(QS. Al-Qiyamah/75: 17-18)

2.      Pendapat Al-Asy’ari  (w. 324 H) dan beberapa golongan lain
Kata Qur’an berasal dari lafaz قَرَنَ yang berarti menggabungkan sesuatu dengan yang lain. Kemudian kata tersebut dijadikan sebagai nama Kalamullah yang diturunkan kepada Nabi-Nya, mengingat bahwa surat-suratnya, ayat-ayatnya dan huruf-hurufnya beriring-iringan dan yang satu digabungkan kepada yang lain.



3.      Pendapat Al-Farra’ (w. 207 H)
Kata Qur’an berasal dari lafaz قَرَائِنٌ merupakan bentuk jama’ dari kata قَرِيْنَةٌ yang berarti petunjuk atau indikator, mengingat bahwa ayat-ayat al-Qur’an satu sama lain saling membenarkan. Dan kemudian dijadikan nama bagi Kalamullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.
4.      Pendapat Az-Zujaj (w. 331 H)
Kata Qur’an itu kata sifat dari اَلْقَرْءُ yang sewazan (seimbang) dengan kata فُعْلاَنٌ  yang artinya اَلْجَمْعُ (kumpulan). Selanjutnya kata tersebut digunakan sebagai salah satu nama bagi kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW., karena al-Qur’an terdiri dari sekumpulan surah dan ayat, memuat kisah-kisah, perintah dan larangan, dan mengumpulkan inti sari dari kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya.
5.      Pendapat Asy-Syafi’i (w. 204 H)
Kata al-Qur’an adalah isim ’alam, bukan kata bentukan (isytiqaq) dari kata apapun dan sejak awal memang digunakan sebagai nama khusus bagi kitab suci yang diturunkan Allah SWT. kepada Nabi Muhammad SAW. sebagaimana halnya dengan nama-nama kitab suci sebelumnya yang memang merupakan nama khusus yang diberikan oleh Allah SWT. sama halnya nama kitab suci sebelumnya, yaitu Zabur (Nabi Dawud as.), Taurat (Nabi Musa as.) dan Injil (Nabi Isa as.).
Menurut Abu Syuhbah dalam kitabnya yang berjudul al-Madkhal li Dirasah al-Qur’an al-Karim, dari kelima pendapat tersebut diatas, pendapat pertamalah yang paling tepat yakni menurut Al-Lihyany yang menyatakan bahwa kata al-Qur’an merupakan kata bentukan (isytiqaq) dari kata  قَرَأَdan pendapat inilah yang paling masyhur.
Ditinjau dari pengertian secara terminologi/istilah, para ulama’ juga berbeda-beda pendapat dalam mendefinisikan al-Qur’an. Perbedaan itu terjadi disebabkan oleh adanya perbedaan sudut pandang dan perbedaan dalam menyebutkan unsur-unsur, sifat-sifat atau aspek-aspek yang terkandung di dalam al-Qur’an itu sendiri yang memang sangat luas dan komprehensif. Semakin banyak unsur dan sifat dalam mendefinisikan al-Qur’an, maka semakin panjang redaksinya. Namun demikian, perbedaan tersebut bukanlah sesuatu yang bersifat prinsipil, justru perbedaan pendapat tersebut bisa saling melengkapi satu sama lain, sehingga jika pendapat-pendapat itu digabungkan, maka pemahaman terhadap pengertian al-Qur’an akan lebih luas dan komprehensif.
Beberapa pendapat ulama’ mengenai definisi al-Qur’an secara istilah, diantaranya adalah :
1.      Syeikh Muhammad Khudhariy Beik
Dalam kitab Tarikh at-Tasyri’ al-Islam, Syeikh Muhammad Khudhary Beik mengemukakan definisi al-Qur’an sebagai berikut:
اَلْقُرْءَانُ هُوَ اللَّفْظُ الْعَرَبِيُّ الْمُنَزَّلُ عَلَى مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِلتَّدَبُّرِ وَالتَّذَكُّرِ الْمَنْقُوْلُ مُتَوَاتِرًا وَهُوَ مَا دَفَّـتَيْنِ الْمَبْدُوْءُ بِسُوْرَةِ الْفَـاتِحَةِ وَالْمَخْتُوْمُ بِسُوْرَةِ النَّـاسِ
Artinya:
Al-Qur’an ialah lafaz (firman Allah) yang berbahasa Arab, yang diturunkan kepada Muhammad SAW., untuk dipahami isinya dan selalu diingat, yang disampaikan dengan cara mutawatir, yang ditulis dalam mushaf, yang dimulai dengan surat al-Fatihah dan diakhiri dengan surat an-Nas.

2.      DR.Subkhi Shalih
DR. Subkhi Shalih mengemukakan definisi al-Qur’an sebagai berikut :
اَلْقُرْءَانُ هُوَ الْكِتَابُ الْمُعْجِزُ الْمُنَزَّلُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَكْتُوْبُ فِى الْمَصَاحِفِ الْمَنْقُوْلُ عَلَيْهِ بِالتَّوَاتُرِ الْمُتَعَبَّدُ بِتِلاَوَتِهِ
Artinya:
Al-Qur’an adalah kitab (Allah) yang mengandung mu’jizat, yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW., yang ditulis dalam mushaf-mushaf, yang disampaikan secara mutawatir, dan bernilai ibadah membacanya.

3.      Syeikh Muhammad Abduh
Sedangkan Syeikh Muhammad Abduh mendefinisikan al-Qur’an dengan pengertian sebagai berikut :
اَلْكِتَابُ هُوَ الْقُرْءَانُ الْمَكْتُوْبُ فِى الْمَصَاحِفِ الْمَحْفُوْظُ فِيْ صُدُوْرِ مَنْ عَنَى بِحِفْظِهِ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ
Artinya:
Kitab (al-Qur’an) adalah bacaan yang tertulis dalam mushaf-mushaf, yang terpelihara di dalam dada orang yang menjaga(nya) dengan menghafalnya (yakni) orang-orang Islam.

Dari ketiga pendapat di atas, dapat disimpulkan beberapa unsur dalam pengertian al-Qur’an sebagai berikut :
  1. Al-Qur’an adalah firman atau kalam Allah SWT.
  2. Al-Qur’an terdiri dari lafaz berbahasa Arab
  3. Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.
  4. Al-Qur’an merupakan kitab Allah SWT yang mengandung mu’jizat bagi Nabi Muhammad SAW yang diturunkan dengan perantara malaikat Jibril.
  5. Al-Qur’an disampaikan dengan cara mutawatir (berkesinambungan).
  6. Al-Qur’an merupakan bacaan mulia dan membacanya merupakan ibadah.
  7. Al-Qur’an ditulis dalam mushaf-mushaf, yang diawali dengan surah al-Fatihah dan diakhiri dengan surah an-Nas
  8. Al-Qur’an senantiasa terjaga/terpelihara kemurniannya dengan adanya sebagian orang Islam yang menjaganya dengan menghafal al-Qur’an.

B.   BEBERAPA NAMA AL-QUR’AN
Al-Qur’an bukanlah satu-satunya nama yang diberikan Allah SWT. terhadap kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Menurut Az-Zarkasyi dan As-Sayuthy dalam kitab Al-Itqan menyebutkan bahwa al-Qur’an mempunyai 55 nama. Bahkan dalam Ensiklopedi Islam untuk Pelajar, disebutkan ada 78 nama-nama bagi kitab suci al-Qur’an. Namun, jika diperhatikan dan dicermati lebih lanjut berdasarkan ayat-ayat al-Qur’an secara redaksional, maka akan didapatkan beberapa nama saja, yang lainnya bukanlah nama melainkan hanya sifat, fungsi atau indikator al-Qur’an saja.
Inilah beberapa nama yang terkenal bagi kitab suci al-Qur’an berikut ayat-ayat yang menjelaskannya :
1.      Al-Qur’an (اَلْقُرْءَانُ)
Al-Qur’an merupakan nama yang termasyhur dan paling sering dilekatkan pada kitab suci terakhir yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana telah dijelaskan di muka, al-Qur’an artinya bacaan atau yang dibaca. Sedangkan beberapa ayat yang di dalamnya terdapat nama al-Qur’an adalah sebagai berikut :
ãöky­ tb$ŸÒtBu üÏ%©!$# tAÌRé& ÏmŠÏù ãb#uäöà)ø9$# Wèd Ĩ$¨Y=Ïj9 ;M»oYÉit/ur z`ÏiB 3yßgø9$# Èb$s%öàÿø9$#ur 4     (البقرة : ۱٨۵)

Artinya :
“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)…..” (QS. al-Baqarah/2: 185)

#sŒÎ)ur ˜Ìè% ãb#uäöà)ø9$# (#qãèÏJtGó$$sù ¼çms9 (#qçFÅÁRr&ur öNä3ª=yès9 tbqçHxqöè? ÇËÉÍÈ   (الأعراف : ۲۰٤)
Artinya :
“Dan apabila dibacakan al-Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat” (QS. al-A’raf/7: 204)
!$tB $uZø9tRr& y7øn=tã tb#uäöà)ø9$# #s+ô±tFÏ9 ÇËÈ    (طـه : ٢)
Artinya :
“Kami tidak menurunkan al-Quran ini kepadamu agar kamu menjadi susah”  (QS. Thaha/20: 2)

Masih banyak lagi ayat-ayat al-Qur’an yang di dalamnya terdapat nama al-Qur’an, seperti : QS. Yunus/10: 37, QS. al-Hijr/15: 87, QS. an-Nahl/16: 97, QS. al-Hijr/17: 9, QS. al-Hasyr/59: 21, QS. al-Buruj/85: 21, dan lain sebagainya.
2.      Al-Kitab (اَلْكِتَابُ)
Al-Kitab adalah salah satu nama bagi kitab suci al-Qur’an. Al-Qur’an sering disebut sebagai Kitabullah artinya kitab suci Allah. Al-Kitab juga bisa diartikan yang ditulis.
Sedangkan ayat Al-Qur’an yang di dalamnya terdapat kata Al-Kitab sebagai nama bagi Al-Qur’an yaitu :
y7Ï9ºsŒ Ü=»tGÅ6ø9$# Ÿw |=÷ƒu ¡ ÏmÏù ¡ Wèd z`ŠÉ)­FßJù=Ïj9 ÇËÈ   (البقرة : ٢)
Artinya :
“Kitab (al-Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa” (al-Baqarah/2: 2)

tA¨tR šøn=tã |=»tGÅ3ø9$# Èd,ysø9$$Î/ $]%Ïd|ÁãB $yJÏj9 tû÷üt/ Ïm÷ƒytƒ tAtRr&ur sp1uöq­G9$# Ÿ@ÅgUM}$#ur ÇÌÈ
(ال عمران :٣)
Artinya :
“Dia menurunkan al-Kitab (al-Quran) kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan Kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil” (QS.Ali ‘Imran/3: 3)

3.      Al-Furqan (اَلْفُرْقَانُ)
Al-Furqan artinya pembeda, maksudnya yang membedakan antara yang haq dan yang batil. Al-Furqan merupakan salah satu nama al-Qur’an, sebagaimana yang termaktub dalam QS. al-Furqan/25: 1.
x8u$t6s? Ï%©!$# tA¨tR tb$s%öàÿø9$# 4n?tã ¾ÍnÏö6tã tbqä3uÏ9 šúüÏJn=»yèù=Ï9 #·ƒÉtR ÇÊÈ (الفرقان: ۱)
Artinya :
“Maha Suci Allah yang telah menurunkan al-Furqaan (al-Quran) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam”. (QS. al-Furqan/25: 1)

4.      Adz-Dzikr (اَلذكْرُ)
Adz-Dzikr berarti pemberi peringatan, maksudnya yang memberi peringatan kepada manusia. Ayat yang menyebutkan adz-Dzikr sebagai nama lain kitab al-Qur’an adalah :
$¯RÎ) ß`øtwU $uZø9¨tR tø.Ïe%!$# $¯RÎ)ur ¼çms9 tbqÝàÏÿ»ptm: ÇÒÈ   (الحجر:٩)
Artinya :
“Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan al-Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya”. (QS. al-Hijr/15: 9)

5.      At-Tanzil (اَلتَّنْزِيْلُ)
At-Tanzil artinya yang diturunkan, maksudnya al-Qur’an diturunkan oleh Allah SWT. kepada Nabi Muhammad SAW. melalui perantaan malaikat Jibril as. untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia. At-Tanzil sebagai nama lain al-Qur’an dikemukakan oleh DR. Shubhi as-Shalih, sebagaimana termaktub dalam ayat al-Qur’an yang berbunyi :
¼çm¯RÎ)ur ã@ƒÍ\tGs9 Éb>u tûüÏHs>»yèø9$# ÇÊÒËÈ   (الشعراء : ۱۹۲)
Artinya :
“Dan sesungguhnya al-Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta Alam”  (QS. asy-Syu’ara/26: 192)

C.   KEMU’JIZATAN AL-QUR’AN
Sebelum memahami tentang kemu’jizatan al-Qur’an (I’jazul Qur’an) terlebih dahulu akan kalian fahami tentang apakah yang dimaksud mu’jizat serta ruang lingkup seputar mu’jizat.
1.      Pengertian Mu’jizat
Secara bahasa kata Mu’jizat berbentuk isim fa’il yang berasal dari kata :
اَعْجَزَ – يُعْجِزُ – اِعْجَازً – مُعْجِزٌ / مُعْجِزَةٌ
yang berarti melemahkan atau mengalahkan lawan. Mu’jizat juga diartikan sebagai yaitu sesuatu yang menyalahi tradisi atau kebiasaan (sesuatu yang luar biasa).
Secara istilah, Manna’ Qaththan mendefinisikan mukjizat sebagai berikut:
اَلْمُعْجِزَةُ هِيَ اَمْرٌ خَارِقٌ لِلْعَـادَةِ مَقْرُوْنٌ بِالتَّحَدِّى سَالِمٌ عَنِ الْمُعَارَضَةِ
Artinya:
Mu’jizat adalah sesuatu yang menyalahi kebiasaan disertai dengan tantangan dan selamat dari perlawanan.

Mu’jizat hanya diberikan oleh Allah SWT. kepada para Nabi dan Rasul-Nya dalam menyampaikan risalah Ilahi terutama untuk menghadapi umatnya yang menolak atau tidak mengakui kerasulan mereka. Mu’jizat berfungsi sebagai bukti atas kebenaran pengakuan kenabian dan kerasulan mereka, bahwa mereka adalah benar-benar para nabi dan rasul (utusan) Allah yang membawa risalah kebenaran dari Allah SWT. Adapun tujuan diberikannya mu’jizat adalah agar para Nabi dan Rasul mampu melemahkan dan mengalahkan orang-orang kafir yang menentang dan tidak mengakui atas kebenaran kenabian dan kerasulan mereka.
Umumnya mu’jizat para Nabi dan Rasul itu berkaitan dengan masalah yang dianggap mempunyai nilai tinggi dan diakui sebagai suatu keunggulan oleh masing-masing umatnya pada masa itu. Misalnya, zaman Nabi Musa as. adalah zaman keunggulan tukang-tukang sihir, maka mu’jizat utamanya adalah untuk mengalahkan tukang-tukang sihir tersebut. Zaman Nabi Isa as. adalah zaman kemajuan ilmu kedokteran, maka mu’jizat utamanya adalah mampu menyembuhkan penyakit yang tidak dapat disembuhkan pengobatan biasa, yaitu menyembuhkan orang yang buta sejak dalam kandungan dan orang yang berpenyakit sopak atau kusta, serta menghidupkan orang yang sudah mati. Dan zaman Nabi Muhammad SAW. adalah zaman keemasan kesusastraan Arab, maka mu’jizat utamanya adalah al-Qur’an, kitab suci yang ayat-ayatnya mengandung nilai sastra yang amat tinggi, sehingga tidak ada seorang manusiapun dapat membuat serupa dengan al-Qur’an.
2.      Syarat-syarat Mu’jizat
Syarat-syarat mu’jizat menurut para ulama’ ada 5 (lima), bila kelima-limanya tidak terpenuhi, maka tidak dinamakan mu’jizat, yaitu :
a.       Mu’jizat adalah sesuatu yang tidak sanggup dilakukan oleh siapapun selain Allah SWT
b.      Mu’jizat adalah sesuatu yang menyalahi kebiasaan atau tidak sesuai dengan kebiasaan dan berlawanan dengan hukum alam
c.       Mu’jizat harus berupa hal yang dijadikan saksi oleh seseorang yang mengaku membawa risalah Ilahi sebagai bukti atas kebenaran pengakuannya
d.      Mu’jizat terjadi bertepatan dengan pengakuan Nabi yang mengajak bertanding menggunakan mu’jizat tersebut
e.       Tidak ada seorang manusiapun, bahkan jin sekalipun yang dapat membuktikan dan membandingkan dalam pertandingan tersebut.
Kelima syarat tersebut di atas bila terpenuhi, maka suatu hal yang timbul di luar kebiasaan adalah merupakan mu’jizat yang menyatakan atas kenabian atau kerasulan orang yang mengemukakannya dan mu’jizat akan muncul dari tangannya.
3.      Macam-macam Mu’jizat
Mu’jizat dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu :
a.       Mu’jizat Hissi, ialah mu;jizat yang dapat dilihat oleh mata, didengar oleh telinga, dicium oleh hidung, diraba oleh tangan, dirasa oleh lidah, tegasnya dapat dicapai dan ditangkap oleh panca indera. Mu’jizat ini sengaja ditunjukkan atau diperlihatkan manusia biasa, yakni mereka yang tidak biasa menggunakan kecerdasan akal fikirannya, yang tidak cakap padangan mata hatinya dan yang rendah budi dan perasaanya. Karena bisa dicapai dengan panca indera, maka mu’jizat ini bisa juga disebut mu’jizat inderawi.
Mu’jizat hissi ini dibatasi oleh ruang dan waktu, artinya hanya diperlihatkan kepada umat tertentu dan di masa tertentu.
b.      Mu’jizat ma’nawi ialah mu’jizat yang tidak mungkin dapat dicapai dengan kekuatan panca indera, tetapi harus dicapai dengan kekuatan “’aqli” atau dengan kecerdasan pikiran. Karena orang tidak akan mungkin mengenal mu’jizat ma’nawi ini melainkan orang yang berpikir sehat, cerdas, bermata hati, berbudi luhur dan yang suka mempergunakan kecerdasan fikirannya dengan jernih serta jujur. Karena harus menggunakan akal fikiran untuk mencapainya, maka bisa disebut juga mu’jizat ‘aqli atau mu’jizat rasional.
Berbeda dengan mu’jizat hissi, mu’jizat ma’nawi bersifat universal dan eternal (abadi), yakni berlaku untuk semua umat manusia sampai akhir zaman.
4.      Pengertian I’jazul Qur’an
Apabila kata mu’jizat dilekatkan dengan kitab suci al-Qur’an, maka ia bisa memiliki dua konotasi. Pertama, lemahnya manusia untuk merumuskan suatu ungkapan atau kalimat yang dapat menandingi ayat-ayat al-Qur’an, baik secara individual maupun secara kolektif. Kedua, ia mempunyai sifat menantang manusia dan jin untuk membuat semacam al-Qur’an, sampai munculnya kesadaran mereka untuk mengakui kelemahan diri sendiri ketika berhadapan dengan ayat-ayat al-Qur’an.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud I’jazul Qur’an adalah menetapkan kelemahan manusia dan jin baik secara individual maupun kolektif untuk mendatangkan semisal al-Qur’an.
Mu’jizat al-Qur’an bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran pada manusia bahwa al-Qur’an adalah wahyu Allah SWT. dan sekaligus merupakan bukti kerasulan Muhammad SAW.
Dalam hal ini Imam al-Suyuti, sebagaimana dikutip oleh Dr. Syahrin Harahap, MA., mengungkapkan bahwa :
“Adanya i’jaz al-Qur’an itu ada kaitannya dengan persepsi yang salah dari pihak orang Arab terhadapnya. Sehingga al-Qur’an memberi jawaban terhadap persepsi mereka yang keliru itu, dengan cara nenawarkan agar mereka menunjukkan kekuatan argumentasi dan kebenarannya. Akan tetapi orang Arab sama sekali tidak dapat membuktikan kebenaran mereka, sementara al-Qur’an secara meyakinkan menunjukkan kebenarannya. Disinilah letak i’jaz (kemu’jizatan) al-Qur’an itu.”

5.      Aspek-aspek Kemu’jizatan Al-Qur’an
Kemu’jizatan al-Qur’an sesungguhnya terdapat dalam dirinya sendiri. Tegasnya kemu’jizatan al-Qur’an ada dalam kandungannya, bukan di luarnya. Jadi, kitab suci ini tidak membutuhkan keterangan lain di luar dirinya untuk membuktikan bahwa ia adalah mu’jizat terbesar Nabi Muhammad SAW.
Secara garis besar ada dua aspek kemu’jizatan al-Qur’an yaitu:
a.       Gaya Bahasa (Uslub)
Al-Qur’an mempunyai gaya bahasa yang khas yang tidak dapat ditiru para sastrawan Arab sekalipun, karena susunan yang indah yang berlainan dengan setiap susunan dalam bahasa Arab. Mereka melihat al-Qur’an memakai bahasa dan lafadz mereka, tetapi ia bukan puisi, prosa atau syair dan mereka tidak mampu membuat seperti itu (meniru al-Qur’an). Mereka tidak pernah mampu untuk menandinginya dan putus asa lalu merenungkannya, kemudian merasa kagum dan menerimanya, lalu sebagian masuk Islam. Contoh dalam sejarah diterangkan bahwa Umar bin Khattab ra. menyatakan diri masuk Islam setelah mendengar ayat-ayat pertama surat Thaaha, dan masih banyak contoh lainnya. Inilah bukti kemu’jizatan al-Qur’an dari segi bahasanya.
Uslub al-Qur’an sangatlah indah. Keindahan uslub al-Qur’an benar-benar telah membuat orang-orang Arab dan atau luar Arab kagum dan terpesona. Di dalam al-Qur’an terkandung nilai-nilai istimewa di mana tidak akan terdapat dalam ucapan manusia menyamai isi yang terkandung di dalamnya.
Al-Qur’an dalam uslubnya yang menakjubkan mempunyai beberapa keistimewaan-keitimewaan, diantaranya :
1)      Kelembutan al-Qur’an secara lafdhiah yang terdapat dalam susunan suara dan keindahan bahasanya.
2)      Keserasian al-Qur’an baik untuk awam maupun kaum cendekiawan, dalam arti bahwa semua orang dapat merasakan keagungan dan keindahan al-Qur’an
3)      Sesuai dengan akal dan perasaan, dimana al-Qur’an memberikan doktrin pada akal dan hati, serta merangkum kebenaran dan keindahan sekaligus
4)      Keindahan dalam kalimat serta beraneka ragam bentuknya, yaitu satu makna diungkapkan dalam beberapa lafadz dan susunan yang bermacam-macam yang semuanya indah dan halus
5)      Al-Qur’an mencakup dan memenuhi persyaratan antara bentuk global (ijmal) dan bentuk yang terperinci (tafshil)
6)      Dapat dimengerti sekaligus dengan melihat segi yang tersurat (yang dikemukakan)   
  Disamping itu, hal lain yang dapat dicatat dari kemu’jizatan al-Qur’an dari aspek bahasa adalah ketelitian, kerapihan dan keseimbangan kata-kata yang digunakannya. Hal itu dapat dilihat pada bukti-bukti sebagai berikut:
1)         Ketelitian dalam pengungkapan kata-kata
Suatu surat yang diawali dengan huruf-huruf tertentu, di dalamnya selalu terdapat bahwa huruf-huruf itu, dalam jumlah rata-rata, lebih banyak dan berulang jika dibandingkan dengan huruf-huruf lainnya. Misalnya :
a) Dalam surat Qaf, dapat ditemukan huruf qaf berulang-ulang dalam jumlah rata-rata lebih banyak dari jumlah huruf lainnya. Jumlah rata-rata huruf qaf yang terbanyak di dalam surat Qaf itu ternyata juga merupakan jumlah huruf qaf yang terbanyak pula dibandingkan dengan jumlah huruf qaf yang terdapat di dalam surah-surah lainnya dalam al-Qur’an.
b)   Demikian pula dengan huruf alif, lam dan mim yang mengawali surah al-Baqarah. Jumlah masing-masing huruf tersebut ternyata lebih banyak daripada huruf-huruf yang lain. Hal ini dapat dilihat sebagai berikut :
-      Huruf alif  berulang sebanyak  4.592 kali
-      Huruf lam  berulang sebanyak 3.204 kali
-      Huruf mim berulang sebanyak 2.195 kali
c)    Demikian halnya huruf alif, lam dan mim yang mengawali surah Ali ‘imran:
-   Huruf alif  berulang sebanyak  2.578 kali
-   Huruf lam  berulang sebanyak 1.885 kali
-   Huruf mim berulang sebanyak 1.251 kali
d)   Demikian halnya huruf alif, lam dan mim yang mengawali surah al-‘Ankabut :
-   Huruf alif  berulang sebanyak   784 kali
-   Huruf lam  berulang sebanyak  554 kali
-   Huruf mim berulang sebanyak  344 kali
Dan masih banyak bukti lainnya dalam surah-surah yang lain di dalam al-Qur’an.
2)         Keseimbangan penggunaan kata-kata
Dalam al-Qur’an terlihat pula keseimbangan kata-kata yang digunakan  secara simetris, misalnya  :
a)   Kata اَلْحَيَاةُ  berjumlah 145 kali, sama dengan kata اَلْمَوْتُ  yang berjumlah 145 kali
b) Kata اَلدُّنْيَا berjumlah 115 kali, sama dengan kata  اَلأَخِرَةُ yang berjumlah 115 kali
c)  Kata مَلاَئِكَةٌ berjumlah 88 kali, sama dengan kata شَيْطَانٌ yang berjumlah 88 kali
d) Kata نَصَائِبُ berjumlah 75 kali, sama dengan kata شُكُوْرٌ yang berjumlah 75 kali
e)  Kata  زَكَاةٌ berjumlah 32 kali, sama dengan kata بَرَكَةٌ  yang berjumlah 32 kali

3)        Misteri angka 19
Pada sisi lain dapat dilihat pula kerapihan penyusunan kata-kata itu pada angka 19, yakni jumlah huruf yang terdapat pada kalimat basmalah. Kalimatبِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ  terdiri dari 19 huruf dan setiap katanya terulang 19 kali dalam surah-surah al-Qur’an, atau beberapa kali kelipatan angka 19, dengan penjelasan sebagai berikut :
a)    Kata اِسْم  berulang 19 kali di dalam al-Qur’an
b) Kata اللهِ berulang 2698 kali, itu berarti = 19X142
c)  Kata الرَّحْمَنِ berulang 57 kali, itu berarti =  19X3
d) Kata الرَّحِيْمِ berulang 144 kali, itu berarti = 19X6
Disamping itu semua huruf terpisah yang mengawali surah-surah (fawatihus-suwar) berulang dalam hasil jumlah kali lipat angka 19. Perhatikan contoh-contoh berikut ini :
a) Huruf qaf dalam surah Qaf berulang 57 kali, berarti = 19X3
b)    Huruf kaf, ha’, ya’, ‘ain, dan shad yang mengawali surah Maryam, berulang sebanyak 789 kali, berarti = 19X42
c)    Huruf nun dalam surah al-Qalam berulang sebanyak 133 kali, berarti = 19X7
d)   Huruf ya dan sin yang mengawali surah yasin, dalam surah tersebut berulang sebanyak 285 kali, berarti = 19X15, dan sebagainya.
Ini membuktikan bahwa sedemikian rapi, teliti dan seimbangnya huruf dan kata yang digunakan dalam al-Qur’an.
b.      Isi Kandungannya
Dilihat dari isi kandungannya, kemu’jizatan al-Qur’an dapat dilihat dari beberapa hal, yaitu :
1)     Al-Qur’an mengungkapkan berita-berita yang bersifat ghaib.
Hal-hal yang bersifat ghaib yang diungkap dalam al-Qur’an dapat dipilah menjadi 2 (dua) yaitu :
Pertama, berita menyangkut masa lalu. Sebagai contohnya : kisah Nabi Adam as., Nabi Nuh as., Nabi Ibrahim as. dan Nabi Ismail as, Nabi Musa as. dan kisah lain di masa lalu. Salah satu contoh lainnya sebagaimana diungkapkan dalam QS. Yunus/10: 92
tPöquø9$$sù y7ŠÉdfuZçR y7ÏRyt7Î/ šcqä3tGÏ9 ô`yJÏ9 y7xÿù=yz Zptƒ#uä 4 ¨bÎ)ur #ZŽÏVx. z`ÏiB Ĩ$¨Z9$# ô`tã $uZÏG»tƒ#uä šcqè=Ïÿ»tós9 ÇÒËÈ   (يونس : ۹۲)
Artinya :
“Maka pada hari Ini kami selamatkan badanmu supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan Sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan kami”. (QS. Yunus/10 : 92)

Ayat tersebut menceritakan tentang Fir'aun yang diawetkan dengan cara dibalsem, sehingga utuh sampai sekarang. Hal itu bersifat ghaib, karena tidak ada orang yang mengenalnya. Akan tetapi berita al-Qur’an itu ternyata terbukti kebenarannya kemudian.
Kedua, berita tentang peristiwa-peristiwa yang akan terjadi baik di dunia maupun di akhirat, misalnya:  
$$O!9# ÇÊÈ ÏMt7Î=äñ ãPr9$# ÇËÈ þÎû oT÷Šr& ÇÚöF{$# Nèdur -ÆÏiB Ï÷èt/ óOÎgÎ6n=yñ šcqç7Î=øóuy ÇÌÈ   (الروم : ۱-۳)
Artinya
“Alif laam Miim. Telah dikalahkan bangsa Rumawi. Di negeri yang terdekat dan mereka sesudah dikalahkan itu akan menang” (QS. ar-Rum/30: 1-3)

Ayat tersebut menceritakan tentang kemenangan bangsa Romawi atas bangsa Persia. Padahal ketika ayat ini diturunkan, belum terjadi peperangan yang dimaksudkan ayat tersebut. Akan tetapi kebenaran berita itu terbukti sembilan tahun kemudian.
Berita ghaib menyangkut masa yang akan terjadi lainnya, misalnya berita tentang kemenangan umat Islam dalam perang Badar dijelaskan dalam QS. Al-Qamar/54: 45, peristiwa Fathu Makkah dijelaskan dalam QS. Al-Fath/48: 27, dan sebagainya.
2)     I’jazul ‘ilmi, yakni kemu’jizatan ilmu pengetahuan. Al-Qur’an mengungkapkan isyarat-isyarat rumit terhadap ilmu pengetahuan sebelum pengetahuan itu sendiri sanggup menemukannya. Kemudian terbukti bahwa al-Qur’an sama sekali tidak bertentangan dengan penemuan-penemuan baru yang didasarkan pada penelitian ilmiah.
Hal ini seperti diisyaratkan oleh Allah SWT dalam QS. Fushshilat ayat 53.
óOÎgƒÎŽã\y $uZÏF»tƒ#uä Îû É-$sùFy$# þÎûur öNÍkŦàÿRr& 4Ó®Lym tû¨üt7oKtƒ öNßgs9 çm¯Rr& ,ptø:$# 3 öNs9urr& É#õ3tƒ y7În/tÎ/ ¼çm¯Rr& 4n?tã Èe@ä. &äóÓx« îÍky­ ÇÎÌÈ    (فصلت : ۵۳)
Artinya :
“Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa al-Quran itu adalah benar. Tiadakah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?” (QS. Fushshilat/41:53)

Banyak ayat al-Qur’an yang mengungkapkan isyarat tentang ilmu pengetahuan, seperti: terjadinya perkawinan dalam tiap-tiap benda, perbedaan sidik jari manusia, berkurangnya oksigen di angkasa, khasiat madu, asal kejadian alam semesta, penyerbukan dengan angin, dan masih banyak lagi isyarat-isyarat ilmu pengetahuan yang bersifat potensial, yang kemudian berkembang menjadi ilmu pengetahuan modern.
Salah satu isyarat ilmu pengetahuan tersebut adalah mengenai perbedaan sidik jari manusia yang dapat ditemukan dalam QS. al-Qiyamah/75: 3-4 sebagai berikut:
Ü=|¡øtsr& ß`»|¡RM}$# `©9r& yìyJøgªU ¼çmtB$sàÏã ÇÌÈ 4n?t/ tûïÍÏ»s% #n?tã br& yÈhq|¡S ¼çmtR$uZt/ ÇÍÈ (القيامة : ۳-٤)

Artinya :
3.Apakah manusia mengira, bahwa Kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang belulangnya?
4.Bukan demikian, Sebenarnya Kami kuasa menyusun (kembali) jari jemarinya dengan sempurna” (QS. Al-Qiyamah/75 : 3-4)

3)     Al-Qur’an memberikan aturan hukum atau undang-undang yang bersifat universal, mencakup segala urusan hidup dan kehidupan manusia.
Secara lebih rinci, Prof. Dr. H. Said Husin al-Munawar, MA. memberikan rumusan mengenai aspek-aspek kemu’jizatan al-Qur’an sebagai berikut :
a.      Susunan bahasa yang sangat indah, berbeda dengan setiap susunan bahasa yang ada dalam bahasa orang-orang Arab
b.      Adanya uslub yang luar biasa,  berbeda dengan semua uslub-uslub bahasa Arab
c.       Sifat agung yang tidak mungkin lagi seorang makhluk untuk mendatangkan hal yang seperti al-Qur’an
d.      Bentuk undang-undang yang detail dan sempurna yang melebihi setiap undang-undang buatan manusia
e.       Mengabarkan hal-hal ghaib yang tidak bisa diketahui kecuali dengan wahyu
f.       Tidak bertentangan dengan pengetahuan-pengetahuan umum yang dipastikan kebenarannya
g.      Menepati janji dan ancaman yang telah dikabarkan di dalamnya
h.      Memenuhi segala kebutuhan manusia
i.        Berpengaruh kepada hati pengikut dan musuh (orang yang menentangnya)      
6.      Perbedaan Bentuk Mu’jizat Nabi Muhammad SAW. dengan Mu’jizat Nabi-Nabi Terdahulu
Dilihat dari aspek kemu’jizatannya, al-Qur’an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. merupakan mu’jizat ma’nawi, dimana untuk memahami dan mencapai kemu’jizatan al-Qur’an harus dengan menggunakan akal fikiran yang rasional dan kecerdasan hati. Al-Qur’an adalah merupakan satu-satunya mu’jizat ma’nawi yang hanya diberikan kepada Nabi Muhammad SAW. yang tidak dimiliki oleh para Nabi dan Rasul sebelum beliau. Al-Qur’an adalah mu’jizat yang terbesar bagi Nabi Muhammad SAW. yang berlaku kekal sampai akhir zaman kelak.
Disamping mu’jizat al-Qur’an yang bersifat ma’nawi, sebenarnya Nabi Muhammad SAW. juga diberi mu’jizat hissi. Misalnya : jari-jari beliau bisa mengeluarkan air pada saat sahabat-sahabat beliau kehausan, beliau bisa membelah bulan menjadi dua hanya dengan menggunakan jari yang ditunjukkan ke bulan untuk memenuhi tantangan orang kafir, dan masih ada beberapa mu’jizat hissi lainnya yang diberikan Allah SWT. kepada beliau.
Berbeda halnya dengan Nabi Muhammad SAW. yang mendapat mu’jizat hissi dan ma’nawi, para Nabi dan Rasul sebelum beliau umumnya mendapat mu’jizat hissi saja. Di dalam al-Qur’an banyak digambarkan mengenai mu’jizat-mu’jizat yang diberikan kepada para Nabi dan Rasul terdahulu tersebut. Diantaranya adalah :
a.      Mu’jizat Nabi Nuh as. berupa kemampuan untuk membuat kapal yang sangat besar untuk menampung dan menyelamatkan  kaum yang beriman dari banjir besar, padahal saat itu sama sekali belum dikenal cara pembuatan kapal. Hal ini dijelaskan dalam QS. Hud/11: 37-38
ÆìoYô¹$#ur y7ù=àÿø9$# $uZÏ^ãôãr'Î/ $oYÍŠômurur Ÿwur ÓÍ_ö7ÏÜ»sƒéB Îû tûïÏ%©!$# (#þqßJn=sß 4 Nåk¨XÎ) tbqè%tøóB ÇÌÐÈ ßìuZóÁtƒur šù=àÿø9$# $yJ¯=à2ur §tB Ïmøn=tã d|tB `ÏiB ¾ÏmÏBöqs% (#rãÏy çm÷ZÏB 4 tA$s% bÎ) (#rãyó¡s? $¨ZÏB $¯RÎ*sù ãyó¡tR öNä3ZÏB $yJx. tbrãyó¡n@ ÇÌÑÈ   (هود : ۳٧-۳۸)
Artinya :
37. “Dan buatlah bahtera itu dengan pengawasan dan petunjuk wahyu Kami, dan janganlah kamu bicarakan dengan Aku tentang orang-orang yang zalim itu; Sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan.
38 .Dan mulailah Nuh membuat bahtera. dan setiap kali pemimpin kaumnya berjalan meliwati Nuh, mereka mengejeknya. berkatalah Nuh: "Jika kamu mengejek kami, maka sesungguhnya Kami (pun) mengejekmu sebagaimana kamu sekalian mengejek (Kami).” (QS. Hud/11: 37-38)

b.     Mu’jizat Nabi Ibrahim as. berupa keistimewaan tidak hangus dibakar dalam api yang menjilat-jilat oleh raja Namruz. Hal ini digambarkan dalam QS. al-Anbiya’/21: 68-69 sebagai berikut:
(#qä9$s% çnqè%Ìhym (#ÿrçŽÝÇR$#ur öNä3tGygÏ9#uä bÎ) ÷LäêZà2 šúüÎ=Ïè»sù ÇÏÑÈ $uZù=è% â$uZ»tƒ ÎTqä. #YŠöt/ $¸J»n=yur #n?tã zOŠÏdºtö/Î) ÇÏÒÈ   (الأنبياء : ٦٨-٦٩)
Artinya :
68. ”Mereka berkata: "Bakarlah dia dan bantulah tuhan-tuhan kamu, jika kamu benar-benar hendak bertindak".
69. Kami berfirman: "Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim”   (QS. al-Anbiya’/21: 68-69)     

c.     Mu’jizat Nabi Musa as. yaitu berupa tongkat yang dapat berubah menjadi ular besar untuk mengalahkan tukang-tukang sihir Fir’aun yang menyihir tali menjadi ular-ular kecil. Di samping itu tongkat beliau tersebut juga bisa menimbulkan 12 sumber mata air yang memancar ketika dipukulkan kepada sebuah batu pada saat beliau memohon air minum untuk kaumnya sebanyak 12 suku. Sebagaimana digambarkan dalam QS. al-A’raf/7: 107 dan QS. al-Baqarah/2: 60
4s+ø9r'sù çn$|Átã #sŒÎ*sù }Ïd ×b$t7÷èèO ×ûüÎ7B ÇÌËÈ   (الأعراف: ۱۰٧)
Artinya :
“Maka Musa melemparkan tongkatnya, lalu tiba-tiba tongkat itu (menjadi) ular yang nyata.” (QS. al-A’raf/7: 107)

ÏŒÎ)ur 4s+ó¡oKó$# 4yqãB ¾ÏmÏBöqs)Ï9 $oYù=à)sù >ÎŽôÑ$# š$|ÁyèÎn/ tyfyÛø9$# ( ôNtyfxÿR$$sù çm÷ZÏB $tFt^øO$# nouŽô³tã $YZøŠtã ( ôs% zOÎ=tã @à2 <¨$tRé& óOßgt/uŽô³¨B ( (#qè=à2 (#qç/uŽõ°$#ur `ÏB É-øÍh «!$# Ÿwur (#öqsW÷ès? Îû ÇÚöF{$# tûïÏÅ¡øÿãB ÇÏÉÈ  (البقرة :٦٠)