Daftar Blog Saya

Senin, 03 Oktober 2011

KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) MI


KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK
MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
















KEMENTERIAN AGAMA
KANTOR WILAYAH PROVINSI JAWA TENGAH
JL. Sisingamangaraja No. 5 Telp. 8412547, 8503078 (Fax)
SEMARANG -50232A.

DAFTAR ISI



Judul.............................................................................................................            1
Daftar Isi......................................................................................................            2
Latar Belakang.............................................................................................            3
Tujuan...........................................................................................................            4
Ruang Lingkup.............................................................................................            4
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar...............................................            4
  Kelas IV, Semester 1 .................................................................................            4
  Kelas IV, Semester 2..................................................................................            5
  Kelas V, Semester 1 ..................................................................................            6
  Kelas V, Semester 2...................................................................................            7
  Kelas VI, Semester 1 .................................................................................            8
  Kelas VI, Semester 2..................................................................................            9
Arah Pengembangan....................................................................................          11
Rambu rambu...............................................................................................          11
 1. Alokasi Waktu ........................................................................................          11
 2. Pendekatan Pembelajaran........................................................................          11
 3. Prinsip-prinsip Pembelajaran...................................................................          12
 4. Penilaian..................................................................................................          12

Mata Pelajaran Bahasa Inggris
untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)

A. Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain. Selain itu, pembelajaran bahasa juga membantu peserta didik mampu mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat, dan bahkan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.
Bahasa Inggris merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan tulis. Berkomunikasi adalah memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya. Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh adalah kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keempat keterampilan inilah yang digunakan untuk menanggapi atau menciptakan wacana dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, mata pelajaran Bahasa Inggris diarahkan untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan tersebut agar lulusan mampu berkomunikasi dan berwacana dalam bahasa Inggris pada tingkat literasi tertentu.
Tingkat literasi mencakup performative, functional,  informational, dan epistemic. Pada tingkat performative, orang mampu membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara dengan simbol-simbol yang digunakan. Pada tingkat functional, orang mampu menggunakan bahasa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti membaca surat kabar, manual atau petunjuk. Pada tingkat informational, orang mampu mengakses pengetahuan dengan kemampuan berbahasa, sedangkan pada tingkat epistemic orang mampu mengungkapkan pengetahuan ke dalam bahasa sasaran (Wells,1987).
Sehubungan dengan hal tersebut, perlu ditetapkan standar kompetensi bahasa Inggris bagi SD/MI yang menyelenggarakan mata pelajaran Bahasa Inggris sebagai muatan lokal. Kompetensi lulusan SD/MI tersebut selayaknya merupakan kemampuan yang bermanfaat dalam rangka menyiapkan lulusan untuk belajar bahasa Inggris di tingkat SMP/MTs. Kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan berinteraksi dalam bahasa Inggris untuk menunjang kegiatan kelas dan sekolah.
Pendidikan bahasa Inggris di SD/MI dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa yang digunakan untuk menyertai tindakan atau language accompanying action. Bahasa Inggris digunakan untuk interaksi dan bersifat “here and now”. Topik pembicaraannya berkisar pada hal-hal yang ada dalam konteks situasi. Untuk mencapai kompetensi ini, peserta didik perlu dipajankan dan dibiasakan dengan berbagai ragam pasangan bersanding (adjacency pairs) yang merupakan dasar menuju kemampuan berinteraksi yang lebih kompleks.

B.  Tujuan 
Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SD/MI bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.      Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan  secara terbatas untuk mengiringi tindakan (language accompanying action) dalam konteks sekolah
2. Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global
 
C.  Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris di SD/MI mencakup kemampuan berkomunikasi lisan secara terbatas dalam konteks sekolah, yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.                              Mendengarkan
2.                              Berbicara
3.                              Membaca
      4.   Menulis.
      ketrampilan menulis dan membaca diarahkan untuk menunjang pembelajaran  komunikasi lisan.

D.  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
       SK dan KD mata pelajaran Bahasa Inggris dapat dilihat sebagai berikut.

      Kelas IV, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
      Mendengarkan
1.      Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas

1.1     Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas
1.2     Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas
      Berbicara
2.      Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas

2.1  Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, memberi salam/sapaan, memberi salam perpisahan, dan memberi aba-aba
2.2  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang, dan memberi barang
2.3  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: berterima kasih, meminta maaf, memberi maaf, melarang, memuji, dan mengajak
2.4  Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan excuse me
      Membaca
3        Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana  dalam konteks kelas

3.1  Membaca nyaring dengan melafalkan alfabet dan ucapan yang tepat yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
3.2  Memahami kalimat dan pesan tertulis  sangat sederhana
      Menulis
4        Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

4.1  Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana  secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
4.2  Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana  secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat dan pesan tertulis

Kelas IV, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi  Dasar
      Mendengarkan
  1. Memahami instruksi sangat sederhana  dengan tindakan dalam konteks kelas

5.1  Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai permainan
5.2  Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal

      Berbicara
  1. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana  dalam konteks kelas

6.1  Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima
6.2  Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu dan memberi aba-aba
6.3  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang, memberi barang
6.4  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui, menyangkal, dan  meminta kejelasan
6.5  Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan excuse me

      Membaca
  1. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

7.1  Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
7.2  Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana

      Menulis
  1. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

8.1  Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
8.2  Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara  tepat dan berterima seperti ucapan selamat dan pesan tertulis

Kelas V, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
       Mendengarkan
1.      Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah

1.1  Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks kelas dan  sekolah
1.2  Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
      Berbicara
2.      Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah

2.1  Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk
2.2  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang
2.3  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, mengajak, meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui, dan melarang
2.4  Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: Do you mind … dan Shall we …

      Membaca
3.      Memahami tulisan bahasa Inggris dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekolah

3.1  Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan, dan intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
3.2  Memahami kalimat, pesan tertulis dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima

      Menulis
4.      Mengeja dan menyalin kalimat sangat sederhana dalam konteks sekolah

4.1     Mengeja kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima
4.2     Menyalin dan menulis kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat, ucapan terima kasih, dan undangan
                 
     
Kelas V, Semester 2

           Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
      Mendengarkan
5.      Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah


5.1  Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks sekolah
5.2  Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
      Berbicara
6.      Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah

6.1  Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur:  memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk
6.2  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang
6.3  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi informasi, memberi pendapat, dan meminta kejelasan

6.4  Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: do you mind ... dan Shall we ...

      Membaca
7.      Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekolah

7.1  Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan, dan intonasi secara tepat dan berterima  yang melibatkan: kata, frasa, kalimat sangat sederhana, dan teks sangat sederhana
7.2  Memahami kalimat, pesan tertulis dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima

       Menulis
8.      Mengeja dan menyalin kalimat sangat sederhana dalam konteks sekolah

8.1  Mengeja kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima
8.2  Menyalin dan menulis kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang tepat seperti: ucapan selamat, ucapan terima kasih, dan ucapan simpati

     
Kelas VI, Semester 1
               
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
      Mendengarkan
1.      Memahami instruksi  dan informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun  bahasa dalam konteks sekitar peserta didik

1.1     Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di dalam dan luar kelas
1.2     Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam berbagai permainan
1.3     Memahami cerita lisan secara berterima dengan bantuan gambar
      Berbicara
2.      Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik

2.1  Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk
2.2  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang
2.3  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengingatkan, menyatakan suka / tidak suka, menanyakan jumlah, menanyakan keadaan, memberi komentar, memberi pendapat, dan mengusulkan
2.4  Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan:Would you plese ... dan May I ...

      Membaca
3.      Memahami teks  fungsional pendek dan deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik


3.1     Membaca nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima
3.2     Memahami teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik

      Menulis
4.      Menulis  teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik

4.1     Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana secara berterima
4.2     Menulis kartu-kartu ucapan sangat sederhana secara berterima

     




Kelas VI, Semester 2

                  Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
      Mendengarkan
5.      Memahami instruksi  dan informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun  bahasa dalam konteks  sekitar peserta didik

5.1 Merespon instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa secara berterima di dalam dan luar kelas
5.2 Merespon instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa secara berterima dalam berbagai permainan
5.3  Memahami cerita lisan sangat sederhana dengan bantuan gambar
      Berbicara
6.      Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks  sekitar peserta didik

6.1  Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutu: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk
6.2  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutu: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang
6.3  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan, merespon ungkapan, mengungkapkan keraguan, menanyakan, dan meminta kejelasan
6.4  Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapa: Would you please ... dan May I ...

      Membaca
7.      Memahami teks  fungsional pendek dan deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik


7.1  Membaca nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima
7.2  Memahami teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
7.3  Memahami teks naratif bergambar sangat sederhana

      Menulis
8.      Menulis  teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik

8.1  Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana secara berterima dalam konteks sekitar peserta didik
8.2  Menulis kartu-kartu ucapan sederhana secara berterima



E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.


F.   Rambu-Rambu

1.   Alokasi Waktu
Mata pelajaran Bahasa Inggris diberikan selama dua jam pelajaran setiap minggu, yang masing-masing berdurasi 40 menit, sehingga jumlah waktu seluruhnya adalah 80 menit.  Dua jam pelajaran tersebut dapat dijadikan satu sehingga mata pelajaran bahasa Inggris diberikan sekali dalam satu minggu dengan durasi 80 menit, atau dapat dipecah menjadi dua sehingga mata pelajaran tersebut diberikan dua kali dalam satu minggu yang masing-masing berdurasi 40 menit. Keputusan tersebut diserahkan kepada masing-masing sekolah.

2.  Pendekatan Pembelajaran
Mata pelajaran Bahasa Inggris ini diberikan dengan menggunakan pendekatan kebermaknaan (meaningful approach). Beberapa konsep penting yang melandasi pendekatan ini adalah sebagai berikut:
a.       Bahasa merupakan alat untuk mengungkapkan makna (perasaan dan gagasan) yang termanifestasikan melalui tata bahasa dan kosa kata.
b.      Makna suatu ungkapan ditentukan oleh konteks digunakannya ungkapan itu, yang meliputi tempat dan waktu (setting), peserta bahasa (participants), topik bahasan (content), tujuan (purpose), nada bahasa (key), dan media (channel).
c.       Satu makna dapat diungkapkan melalui bentuk ungkapan yang berbeda-beda; demikian pula, satu ungkapan dapat memiliki beberapa makna. Itu semua tergantung pada konteksnya.
d.      Belajar bahasa Inggris berarti belajar menggunakan bahasa itu untuk berkomunikasi, baik secara lisan (menyimak dan berbicara) maupun secara tertulis (membaca dan menulis), baik secara reseptif (menyimak dan membaca) maupun produktif (berbicara dan menulis). Penggunaan bahasa tersebut didukung oleh pengetahuan unsur-unsur kebahasaan yang memadai.
e.       Mata pelajaran bahasa Inggris pada taraf awal ini lebih ditekankan pada pemerolehan bahasa (language acquisition) daripada pemelajaran bahasa (language learning). Implikasi konsep tersebut pada pembelajaran di kelas adalah bahwa sedapat mungkin mata pelajaran tersebut diberikan sambil bermain, bernyanyi, bekerja, dan lain sebagainya, sehingga siswa mempelajari bahasa Inggris tersebut dengan perasaan senang. Hendaknya dihindari pemberian pelajaran secara formal dan kaku yang hanya akan membuat siswa takut dan terbebani.
f.       Pemilihan bahan ajar hendaknya disesuaikan dengan konsep pada butir (e) di atas. Penggunaan gambar yang berwarna warni, nyanyian, dan permainan adalah beberapa contoh yang baik.


3.   Prinsip-Prinsip Pembelajaran
Prinsip-prinsip pembelajaran yang disarankan untuk dilaksanakan adalah sebagai berikut:
a.       Siswa sebagai subjek; artinya, siswa menjadi pusat proses pembelajaran. Teknik pengajaran dan materi ajar hendaknya disesuaikan dengan minat dan kemampuan siswa.
b.      Pengembangan minat dan motivasi; artinya, proses pembelajaran difokuskan pada upaya menumbuhkembangkan minat dan motivasi siswa untuk mempelajari bahasa Inggris.
c.       Berorientasi pada proses; artinya, keterampilan berbahasa adalah keterampilan proses. Oleh karena itu, proses pengembangan keterampilan berbahasa sama pentingnya dengan penilaian terhadap keterampilan berbahasa tersebut.
d.      Keterpaduan; artinya, pengembangan keempat keterampilan berbahasa dan keempat unsur kebahasaan dilakukan secara terpadu.
e.       Kontekstualisasi; artinya, keterampilan berbahasa dan unsur kebahasaan diajarkan dan dipelajari dalam konteks penggunaan bahasa sehingga terbentuk pembelajaran yang bermakna.
f.       Kemajuan spiral; artinya, pengembangan keterampilan berbahasa dan unsur berbahasa serta komponen lain yang baru senantiasa mengikutsertakan keterampilan berbahasa dan unsur-unsur kebahasaan yang telah dipelajari sebelumnya.
g.      Interaksi; artinya, partisipasi dan interaksi siswa sangat penting dalam proses pembelajaran dan dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa serta hubungan sosial antar siswa yang berasal dari latar belakang yang berbeda-beda.

4.   Penilaian
Penilaian dilakukan untuk: (1) menentukan kemajuan pembelajaran, (2) memberikan balikan dalam rangka memperkokoh (reinforce) pembelajaran, (3) mengoreksi kesalahan yang terjadi, dan (4) menentukan prestasi belajar siswa. Tujuan (1), (2), dan (3) dicapai dengan pendekatan proses (process oriented evaluation), yaitu penilaian terhadap sikap, keaktifan, dan kemajuan belajar  siswa selama kegiatan belajar-mengajar berlangsung; sedangkan tujuan (4) dicapai dengan pendekatan hasil (product oriented evaluation), yaitu penilaian terhadap prestasi belajar siswa yang dilakukan pada akhir semester.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar